Cara menambahkan block region pada theme/tema Drupal 7

Submitted by Drupal Indonesia on Tue, 16/08/2016 - 22:34
Drupal cara menambah block region

Block region adalah area di Drupal yang bisa digunakan untuk menampilkan berbagai jenis konten misalnya teks, gambar, widget, script/snippet, link, social media icon, views/report data, dan masih banyak lagi. Konfigurasi Block ini bisa diakses melaui panel administer ( namawebsite.com/admin/structure/block). Meskipun jumlah block yang dapat kita tambahkan dalam sebuah region block tidak terbatas, tapi jumlah regionnya sendiri biasanya tidak terlalu banyak. Banyaknya region block tergantung dengan layout template yang kita gunakan. Kita bisa menggunakan penamaan region : header, sidebar, content top/bottom, dan footer. Dalam kasus tertentu kita mungkin memerlukan tambahan block region, untuk itu kita perlu membuat block region baru.

Untuk membuat block region baru, yang perlu kita lakukan adalah mengedit beberapa file template. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Dalam penjelasan kali ini kita menggunakan tema bawaan dari Drupal yaitu Bartik. Karena dalam penggunaan Drupal kita sangat tidak disarankan mengutak-atik core installer, maka kita perlu meng-copy folder tema Bartik ke direktori :  /sites/all/themes . Untuk membedakan bartik asli bawaan Drupal dengan tema kita ini, nama folder perlu diubah, contoh menjadi : mybartik

    Copy tema bartik ke folder themes

  2. Langkah berikutnya adalah buka folder mybartik dan rubah nama file dari bartik.info menjadi mybartik.info (file .info harus sama dengan nama folder tema),
    Kemudian buka file bartik.info, rubah name = bartik menjadi name = mybartik , selanjutnya kita bisa menambahkan region block sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, kita ingin menambahkan region diposisi dibawah content region. Tuliskan : regions[content_bottom] = Content Bottom (lihat baris 18 di gambar dibawah ini). Kemudian save file mybartik.info

    drupal : ganti nama file info dan tambah region block

  3. Langkah berikutnya adalah menambahkan region pada halaman template. Pertama buka folder templates dan buka file page.tpl.php selanjutnya kita bisa tambahkan region baru dengan menulis :
    <?php print render($page['content_bottom']); ?>

    Dengan menuliskan kode seperti gambar dibawah, maka region content bottom akan berada di posisi dibawah region content. Tentunya kita bisa menempatkan region dimanapun sesuai kebutuhan kita, dan jangan lupa setiap region baru harus selalu dibungkus dengan kode tag html <div> ...</div> agar kita dapat mengatur tampilan dan style css region tersebut.

    tambah region di drupal
     

  4. Berikutnya kita sudah dapat dapat melihat hasilnya dengan masuk ke : namadomain.com/structure/block  dan klik Demonstrate block regions. Apabila region baru belum muncul, kita bisa me-refresh browser atau clear cache Drupal di : namadomain.com/admin/config/development/performance klik tombol Clear all caches. 

    tambah region di drupal

Cara menambah region ini berlaku untuk semua tema Drupal 7, silahkan mencoba!